Saturday, December 27, 2014

Tips Jitu Mencegah Penyakit Liver

Tips Jitu Mencegah Penyakit Liver
Tips jitu mencegah penyakit liver - Hati memiliki fungsi sebagai penyimpan energi dan mengatur kadar gulal, hormon serta enzim di dalam tubuh. Jika mengalami kerusakan pada hati, maka terjadi penurunan tingkat kekebalan tubuh dari infeksi pathogen ke dalam tubuh. Infeksi virus merupakan penyebab dari peradangan hati. Jenis hepatitis dikenal antara lain, hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis E, hepatitis F dan hepatitis G. Hepatitis A dan B, merupakan jenis yang paling utama.
Liver merupakan penyakit peradangan pada sel-sel hati. Fungsi hati sebagai sistem imun dengan membuang bakteri dan bahan beracun dari darah hingga tubuh menjadi tetap sehat.
Penyakit hati atau liver tidak semua dapat diakukan pencegahan, contohnya hepatitis A dan hepatitis B  dengan pemberian vaksinasi  merupakan salah satu bentuk pencegahan.
Tanda penyakit liver yang bila dirasakan semakin parah, hal  tersebut berdampak pada infeksi yang menyebabkan hepatitis dan mengakibatkan penyakit sirosis hati merupaka kerusakan fungsi hati menjadi tidak teratur dan terjadi penambahan jaringan ikat. Selain sirosis hati, efek samping yang cukup fatal adalah kerusakan organ tubuh lainnya seperti kerusakan ginjal dan kerusakan hati.
Hal-hal yang perlu dilakukan untuk mengurangi resiko penyakit infeksi hati,  antara lain :
1.    Jagalah kebersihan lingkungan baik dirumah maupun di tempat bekerja dan kebersihan pribadi, contohnya selalu membersihkan tangan sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu.
2.    Hindarilah meminum atau memakai air keran jika Anda berpergian ke luar negri
3.    Hindari pemakaian atau konsumsi narkoba, apalagi dalam bentuk jarum suntik.
4.    Gunakan kondom saat melakukan hubungan intim yang aman
5.    Hindari penggunaan atau pemakaian bersama alat-alat kesehatan pribadi seperti alat cukur atau gunting kuku
6.    Seimbangkan asupan nutrisi, vitamin dan mineral dan lainnya.
7.    Kurangi kebiasaan mengkonsumsi obat-obatan medis. Biasakan diri pada obat-obat alami yang tradisional.
8.    Menghindari pembelian atau pemakaian produk dalam beberapa jenis makanan yang banyak menggunakan bahan pengawet dan pewarna makanan dari bahan kimia.
9.    Mengatur pola makan yang baik dan lakukan diet hanya untuk diet yang seimbang guna menjaga fungsi hati agar sehat.
10.  Lakukan vaksinasi. Dapatkan satu suntikan dari immune globulin sesudah diketahui terjangkit hepatitis A
11.  Jangan terlalu banyak begadang. Aturlah istirahat yang cukup dan teratur, contohnya smengatur waktu tidur dan bangun tidur. Lamanya tidur 6-7 jam perhari.





No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.